Pengertian
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris:
human–computer
interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari
hubungan antara manusia
dan komputer
yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka
pengguna komputer agar
mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling
efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan
interaksi manusia dan komputer sendiri adalah
serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk
berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan
balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Interaksi Manusia pada sebuah
aplikasi game inilah yang memacu tingkah laku dan sikap psikologis penggunanya
(User). Pada sebuah game contohnya ialah game edukasi untuk anak-anak, seperti
Puzzle, Menghitung angka, Zuma dll. Akan menambah wawasan pastinya. Dan jika
game yang di peruntukkan untuk anak kecil dari umur 4-10 tahun, akan lebih
mengenal Alphabet, Huruf dan Jenis Warna dari setiap game yang untuk
diperuntukkan oleh anak kecil.
Pasti akan
berbeda jauh ketika kita berbicara tentang game untuk remaja sampai orang
dewasa, sangat terlihat dari sikap psikologis dan wawasan edukasinya. Banyak
contoh seperti game Point Blank, Dota, dan game yang mengandung kekerasan dan
pembunuhan dan aksi yang lain. Akan berpengaruh jika dilihat dan dicontoh oleh
anak kecil yang belum cukup pengetahuannya. Contoh, game Smackdown WWE (PS2)
sudah merenggut satu nyawa. Sangat tidak baik bagi Psikologi anak.
Tidak ada
umpan balik dari sebuah game untuk di tiru atau menambah wawasan anak dibawah
umur. Jadi, jika sebuah game aksi/perang di peruntukkan untuk anak kecil, maka
interkasi manusianya tidak akan cocok dan mengganggu psikologi si User.
Tujuan interaksi manusia dengan
komputer
- Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan
komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia
bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan
komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab
dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
- Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa
kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Kita butuh Interaksi manusia
komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Serta
dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak
biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Contoh gambar Game Edukasi :
Contoh gambar Game Action/Perang :

Sumber : elib.unikom.ac.id/download.php?id=202523
https://ml.scribd.com/doc/40624797/Game-Sebagai-Sarana-Edukasi
http://wikipedia.org/InteraksiManusia&Komputer
0 Comments for "Perbedaan Game Edukasi dan Game Action [Softskill]"