Perbedaan Game Edukasi dan Game Action [Softskill]

Kamis, April 09, 2015 0


Pengertian

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

Interaksi Manusia pada sebuah aplikasi game inilah yang memacu tingkah laku dan sikap psikologis penggunanya (User). Pada sebuah game contohnya ialah game edukasi untuk anak-anak, seperti Puzzle, Menghitung angka, Zuma dll. Akan menambah wawasan pastinya. Dan jika game yang di peruntukkan untuk anak kecil dari umur 4-10 tahun, akan lebih mengenal Alphabet, Huruf dan Jenis Warna dari setiap game yang untuk diperuntukkan oleh anak kecil. 

            Pasti akan berbeda jauh ketika kita berbicara tentang game untuk remaja sampai orang dewasa, sangat terlihat dari sikap psikologis dan wawasan edukasinya. Banyak contoh seperti game Point Blank, Dota, dan game yang mengandung kekerasan dan pembunuhan dan aksi yang lain. Akan berpengaruh jika dilihat dan dicontoh oleh anak kecil yang belum cukup pengetahuannya. Contoh, game Smackdown WWE (PS2) sudah merenggut satu nyawa. Sangat tidak baik bagi Psikologi anak. 

            Tidak ada umpan balik dari sebuah game untuk di tiru atau menambah wawasan anak dibawah umur. Jadi, jika sebuah game aksi/perang di peruntukkan untuk anak kecil, maka interkasi manusianya tidak akan cocok dan mengganggu psikologi si User.
           






Tujuan interaksi manusia dengan komputer
  • Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
  • Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.

Contoh gambar Game Edukasi :

 

Contoh gambar Game Action/Perang :
http://cdn.us.playstation.com/pscomauth/groups/public/documents/webasset/ps4-game-assassin_mid_img10.jpg


Sumber : elib.unikom.ac.id/download.php?id=202523
               https://ml.scribd.com/doc/40624797/Game-Sebagai-Sarana-Edukasi
               http://wikipedia.org/InteraksiManusia&Komputer

Previous Episode

0 Comments for "Perbedaan Game Edukasi dan Game Action [Softskill]"